Penyerahan Piagam Rekor MURI

 

Ide gila! Itulah ungkapan yang pas pada saat D’MASIV mempresentasikan rencana besar mereka di penghujung tahun 2016 ini. Bagaimana tidak gila? Mereka merencanakan pertunjukan musik di 50 stage secara berurutan dalam waktu 1 hari 2016 dalam rangka promosi album terbarunya, Orange Album. Sebuah project yang benar-benar gila, sesuai dengan namanya #DMASIV5150 yang jika diartikan dalam kode kepolisian, 5150 berarti orang gila. Pun diatas kertas, hal tersebut memang agak sulit untuk diwujudkan.

 

Hal yang paling krusial untuk mewujudkan ide gila tersebut adalah faktor teknis, khususnya produksi sound system. Bagi D’MASIV, meskipun dengan target kuantiti yang harus dicapai 50 Outlet dalam 1 hari, sound quality dalam setiap pertunjukan mereka adalah hal yang diprioritaskan. Mereka memerlukan sebuah system yang portable, kompak, setup cepat dan memiliki kualitas sound yang dapat dipertanggungjawabkan.

 

ProDX

 

Setelah melalui proses brainstorming dan beberapa kali trial, akhirnya ditentukan format yang ideal, yaitu Mackie Thump 15 dan compact digital mixer Mackie ProDX8 sebagai main system.

 

Mackie Thump dikenal memiliki kualitas sound yang cukup mumpuni. Sedangkan ProDX8 adalah digital mixer terbaru dari Mackie dengan footprint yang kecil dan bobot yang ringan dan sound yang superior. Digital mixer ini cocok dipakai di venue-venue kecil sampai medium. Dengan fitur yang dimiliki ProDX8, diantaranya 6 input WideZ™ preamp dan 1 line in 1/8” serta 2 output L/R, 2 Out Aux dan 1 headphone output, cukup untuk mengakomodasi kebutuhan D’MASIV untuk menciptakan rekor tersebut. Terlebih lagi kemudahan untuk control (mixing) mixer ini dengan menggunakan Smartphone melalui aplikasi Mackie MicerConnect Apps yang berbasis Android maupun iOS.

 

MixerConnect Apps untuk kontrol ProDX8

 

Perjalanan Menciptakan Rekor MURI #DMASIV5150

Satu hari di tanggal 4 Desember 2016 yang sangat melelahkan telah berhasil dilewati oleh D’MASIV dengan sukses. Berkeliling dan tampil di LIMA PULUH titik dalam SATU hari jelas bukan hal yang mudah, namun dengan semangat tulus semuanya niscya bisa dilakukan. Dan Rian, Kiki, Rama, Rai, serta Wahyu mendapat hasil yang sepadan: sebuah Rekor MURI. Memulai perjalanan panjang dari outlet Alfamidi di Adam Malik, Kreo Selatan, Tangerang, D’MASIV dipenuhi semangat dan motivasi tinggi. “Bismillah, semoga hari ini berjalan lancar dan dijauhi dari segala gangguan.” ucap Rian yang diamini oleh semua rekan-rekannya.

 

Perform di Outlet AlfaMIDI

 

Satu titik, dua titik, sepuluh titik, dua puluh titik dilalui D’MASIV dengan lancar dan relatif cepat tanpa ada kendala teknis yang berarti. Karena dari segi produksi sound system, Mackie telah menyiapkan setidaknya 4 set system yang dipasang di outlet yang dilalui. System 1 s/d system 4 dipasang di 4 outlet pertama. Setelah D’MASIV tampil di Outlet 1 dan menujui Outlet 2, System 1 bergerak menuju Outlet 5 dan demikian seterusnya. Di beberapa titik, hujan turun dan membuat pertunjukan harus dilakukan didalam outlet. Namun hal tersebut juga bukan menjadi masalah serius, karena system yang disediakan memang system yang sangat mudah untuk di-setup.

Layaknya sebuah film action yang semakin mendekati ending maka semakin seru pula aksi laganya, perjalanan D’MASIV menuju titik terakhir pun semakin berat. Hujan yang tidak kunjung reda, lalu lintas yang semakin macet, serta stamina yang semakin terkuras adalah tantangan yang dihadapi. Namun optimisme masih menyelimuti D’MASIV dan tim untuk tiba di garis finish tepat waktu. Maka, setibanya di titik ke-50, D’MASIV disambut oleh suka cita.

 

DMasiv dan Mackie Thump

 

“Hari ini kita berhasil jadi orang gila, namun gila dalam arti positif. Kita berhasil tampil di 50 titik dalam 1 hari!” ucap Rian yang disambut tepuk tangan dari semua penonton yang hadir di titik terakhir Alfamidi Maxwell, Summarecon, Tanggerang. Sebuah rekor MURI yang luar biasa, sebuah rekor yang mungkin tidak terbayangkan bisa dibuat. Namun dengan keyakinan dan kerja keras tinggi, Rian dkk berhasil membuktikan bahwa tidak ada yang tidak mungkin.

 

IMG_0373

Torehan prestasi D’MASIV dalam buku rekor MURI ini tidak terlepas dari dukungan Musica Studios, Alfamidi sebagai official retail partner untuk penjualan Orange Album D’MASIV, Cleveland Cycle Werks dan PT. Kairos Multi Jaya selaku distributor brand Mackie di Indonesia yang sudah menyediakan kebutuhan sound system di 50 outlet tersebut.

 

Penyerahan ProDX kepada DMASIV

 

Di akhir keseluruhan acara pada hari itu, melalui Alimo Tanto selaku Marketing Manager PT. Kairos Multi Jaya memberikan kejutan berupa digital mixer ProDX8 yang dipakai untuk memecahkan rekor MURI tersebut sebagai apresiasi kepada DMasiv yang telah berkontribusi nyata dalam memajukan musik tanah air.