preloader

Group Company

Kairos Multi Jaya > Group Company

Mega Swara International –

 

——————————————————————————-
Informasi terbaru dari Meyer Sound
——————————————————————————-

“The Making of PANTHER: From Concept to Tour”

Video ini menjelaskan bagaimana #MeyerSound dalam perjalanan desain, rekayasa dan proses produksi PANTHER selama setahun, hingga akhirnya tampil tur keliling Eropa bersama Ed Sheeran. Ed melakukan tur “+ – = ÷ x” (“Mathematics”) menjelang musim gugur sebelum menuju Down Under pada tahun 2023. Nantikan tur Ed Sheeran yang mengesankan ini keliling dunia!

 

 

Hmmmm… Kira-kira bakal mampir ke Indonesia gak ya?

 



 

Line Array Meyer Sound PANTHER dapat terintegrasi secara mulus dengan sistem LEO untuk konser Vetusta Morla di Madrid Stadium

 

Band rock indie Spanyol, Vetusta Morla telah menarik perhatian banyak penggemar setia sejak pertama kali muncul pada tahun 2008, jadi ketika band ini menggelar tur untuk mendukung album “Cable a Tierra” yang dinominasikan Grammy Latin di Stadion Metropolitan Madrid, mereka disambut oleh 35.000 penggemar yang antusias. Dinamika musik yang mereka bawa ke penonton disemburkan melalui 240 sistem loudspeaker Meyer Sound, termasuk susunan linear line-array format besar PANTHER™ baru, yang disediakan oleh Fluge Audiovisuales dari Madrid.

“Meyer Sound selalu memberi kami kualitas suara yang tidak ada duanya dan jangkauan yang seragam,” kata Iñigo Giménez, audio engineer yang merancang dan menyetel sistem untuk konser dan menjadi kepala kru audio untuk tur tersebut. “Semua tipe sistem loudspeaker yang berbeda, termasuk PANTHER, terintegrasi dengan sempurna.”

Solusi Meyer Sound untuk tur, termasuk konser Madrid ini lebih disukai oleh FOH engineer Vetusta Morla  Alberto Ruiz, merupakan keputusan yang didukung penuh oleh Giménez.

“Sistem Suara Meyer menyajikan mix yang timbrenya tidak diubah oleh level suara,” lanjutnya, “karena tidak menghasilkan distorsi harmonik tambahan saat intensitas meningkat. Hasilnya adalah transparansi dan power yang luar biasa.”

Array full-range untuk konser Vetusta Morla di Madrid ini terdiri dari total 72 LEO®, 42 LYON®, dan 12 MICA line array loudspeaker, dengan 18 loudspeaker LEOPARD® digunakan untuk front-fill dan 48 1100-LFC™ untuk kontrol sektor frekuensi rendah. Sebanyak 24 loudspeaker line array linier format besar PANTHER, diterbangkan / digantung sebagai laterals delay, menyediakan cakupan untuk sebagian besar tempat duduk bleacher. 24 Loudspeaker line array LYON lainnya juga difungsikan sebagai delay, serta 9 Galileo® GALAXY 816 Network Platform yang dihubungkan oleh AVB untuk menyediakan drive system dan optimalisasi.

“PANTHER adalah sebuah kemajuan besar karena mirip dengan LEO, tetapi dengan bobot setengahnya, yang mengurangi kompleksitas rigging. Dan itu sangat kami hargai,” tambah Giménez

“Sistem berskala stadion dengan keseluruhan line-array PANTHER, seperti yang sekarang senang tur dengan Ed Sheeran, hanyalah satu bagian dari apa yang membuat PANTHER istimewa,” kata Manajer Produk Senior Meyer Sound Andy Davies. “Saya juga senang melihat contoh seperti ini, di mana rasio ukuran dan bobot terhadap daya PANTHER memungkinkan perusahaan seperti Fluge untuk menggabungkan PANTHER dengan mulus ke inventaris mereka yang ada. Ini membuktikan keserbagunaan PANTHER yang luar biasa.”

Tur “Cable a Tierra” Vetusta Morla yang diproduseri oleh Esmerarte Industrias Creativas, diluncurkan pada 14 Mei di Valencia dan dilanjutkan dengan tujuh pertunjukan di tempat-tempat utama di kota-kota di seluruh Spanyol sebelum penutupan di Madrid.

Fluge Audiovisuales, pemasok teknologi acara terdiversifikasi terkemuka di Spanyol, menyediakan semua tata cahaya, suara, dan video untuk tur “Cable a Tierra”. Juga di tim Fluge adalah Marcos Mejias, Jose Murillo, Aurora Santamaria, dan Dario Hernandez.

Dengan nama yang terinspirasi oleh kura-kura kuno dalam novel fantasi The Neverending Story, Vetusta Morla dimulai sebagai usaha sampingan oleh anggota pendirinya, tetapi orisinalitas dan eksperimen musik band secara bertahap mendapatkan pengikut yang kuat dari penggemar musik yang berdedikasi. Selain nominasi Grammy Latin saat ini, Vetusta Morla menerima penghargaan Premios Odeón 2021 untuk Artis Alternatif Terbaik dan empat penghargaan UFI pada tahun 2002 untuk Artis Terbaik, Album Terbaik, Album Rock Terbaik, dan Lagu Terbaik.

 



 

Meyer Sound PANTHER Membuat “Higher Tour” Michael Bublé Semakin Megah!

“Higher Tour” yang sedang dikerjakan Michael Bublé dapat digambarkan sebagai pesta intim dalam skala besar. Ini adalah salah satu produksi konser yang all-out yang dalam segala hal, penuh dengan set panggung besar empat tingkat untuk mengakomodasi orkestra penuh dan penyanyi cadangan – kadang-kadang ditambah dengan string dan paduan suara 10 bagian – ditambah efek pencahayaan yang luas dan empat layar video raksasa. Untuk dukungan audio, Bublé kembali membawa reinforcement system Meyer Sound “dual hybrid”, yang terdiri sepasang array di main stage ditambah 1 susunan array besar yang digantung di posáis tengah yang berfungsi sebagai sistem delay saat Bublé berada di panggung utama dan in-the-round system ketika ia menempati Stage B.  Meskipun begitu, pada tur kali ini tim produksi melakukan sedikit perubahan dengan mengganti sebagian besar speaker dari Keluarga LEO dan semua sistem Seri M dengan 76 pengeras suara line array linier berformat besar PANTHER! Perusahaan rental Solotech inc kembali terpilih sebagai penyedia sistem Meyer Sound serta semua elemen produksi audio dan video lainnya.

“Kami senang dengan sistem PANTHER baru, tidak hanya secara sound terbaik yang kami harapkan dari Meyer dalam hal itu – tetapi juga karena ini adalah box speaker yang jauh lebih ringan dan lebih kecil,” kata Craig Finley, manajer produksi tur yang sudah berpengalaman dalam berbagai konser besar. “Tidak ada motor dua ton di sini! Dan PANTHER mengemas dengan sangat efisien. Kami pada dasarnya membawa dua sistem namun semuanya muat dalam satu truk. Dan kebutuhan dayanya juga lebih rendah.”

 

 

FOH engineer yang sudah lama bersama Bublé, Craig Doubet, mencatat bahwa keuntungan lainnya adalah efisiensi waktu saat loading-in & out. “PANTHER dapat dinaik dan turunkan dengan sangat cepat,” katanya. “Kami memiliki 13 susunan yang digantung, dan sekarang kami dapat menurunkan semuanya dan siap diluncurkan hanya dalam 75 menit.”

Manfaat dan keuntungan segi logistik dari sistem yang ramping tidak serta merta menurunkan performa sistem PHANTER, melainkan sebaliknya, klaim Doubet. “Ini adalah box yang berbeda, dan butuh waktu untuk memahaminya,” katanya. “Tetapi pada saat kita benar-benar memahaminya, ini sesuai dengan yang selama ini saya cari. Ini sangat detail dan dinamis. Michael menginginkan pertunjukan yang lebih keras, dengan atmosfer pesta yang lebih seru, dan speaker ini benar-benar mengakomodasi keinginan itu. Kami semua senang dengan suara vokalnya, sangat mengesankan. Kedengarannya seperti Michael di mana-mana.”

 

 

Sistem pada panggung utama terdiri dari sepasang line array yang masing-masing terdiri dari 14 speaker PANTHER, di atas empat speaker LEOPARD. Dua side array masing-masing terdiri dari 14 loudspeaker LYON, sedangkan front fill terdiri dari 8 loudspeaker ULTRA‑X40. Pada sistem frekuensi rendah berasal dari array ganda yang masing-masing terdiri dari 6 1100‑LFC yang digantung dan 4 900‑LFC di lantai.

 

 

 

 

Total ada 48 PANTHER di atas Stage B digantung dengan konfigurasi 1 array panjang yang terdiri dari 16 speaker ditambah 4 array pendek yang masing-masing terdiri dari 8 speaker, dengan 2 LEOPARD di bawah array panjang dan masing-masing 6 di bawah array pendek. Di sini, total 14 elemen 900-LFC, diterbangkan dan ditumpuk di lantai untuk menggerakkan bass lebih dalam, serta 8 ULTRA-X40 yang berkontribusi pada front-fill. Di tempat lain, terdapat 16 monitor panggung MJF‑210, sepasang monitor studio presisi Amie yang dipasangkan dengan Amie‑Sub berada di FOH.

 

 

 

 

“Kali ini, kami memiliki sistem PANTHER yang sama di Main Stage dan Stage B untuk menjaga suara Michael tetap sama dalam seni tonal suara saat bergerak di antara panggung,” kata Doubet. “Ini juga memudahkan untuk mencocokkan array saat menyetel sistem.” Audio engineer utama untuk tur ini adalah Fred Cantin dan monitor engineer Martin Paré dan Renato Petruzziello.

 

 

“Higher Tour” Michael Bublé dibuka pada 8 Agustus, dengan 38 pertunjukan dijadwalkan di Amerika Utara. Tur berlanjut dengan 34 pertunjukan lagi di Oseania, Amerika Selatan, Eropa, dan Inggris, dengan pertunjukan dijadwalkan hingga 17 Mei 2023.

 

 

disadur dari meyersound.com

 



 

Meyer Sound PANTHER Meraung di Peach Music Festival 2022

Photo: Jesse Faatz

Peach Music Festival di Montage Mountain, Scranton – Pennsylvania dikenal oleh para penggemar musik sebagai festival yang menghadirkan beragam artis multi-genre dengan improvisasi yang mengalir dan rhythm yang mengajak bergoyang. Penampil utama tahun 2022 ini diantaranya Billy Strings, Joe Russo’s Almost Dead, Trey Anastasio Band, dan The Black Crowes, dengan total lebih dari 70 band. Dari sudut pandang audio, Peach Music Festival 2022 adalah festival besar di Amerika Utara yang menjadi debut loudspeaker linear line array berformat besar dari Meyer Sound; PANTHER.

Peach Music Festival tahun ini juga merupakan yang pertama bagi DBS Audio Systems yang berbasis di Coatesville, Pennsylvania sebagai penyedia audio system. Presiden perusahaan Dave Brotman sangat puas dengan performa sistem PANTHER di Pavilion Montage Mountain untuk panggung utama Peach.

 

©Jay Blakesberg

“Amphitheatre dengan atap tenda dapat menghasilkan banyak pantulan,” kata Brotman, yang menjabat sebagai system engineer di panggung utama. “Beberapa FOH engineer yang datang ke sini mengira bakal kesulitan menaklukkan akustik ruangan. Akan tetapi box PANTHER dengan bentuk horn ’L’ yang baru sangat membantu mereka dengan memfokuskan pola coverage secara presisi. Pada jarak 120 kaki dari panggung, vokal terdengar sangat jelas. Sebagian besar engineersenang dengan apa yang mereka dengar, dan mengatakan ini adalah pengalaman terbaik yang pernah mereka alami di panggung tenda seperti ini.”

 

©Jay Blakesberg

“Saya sangat senang menghadiri Peach Music Festival karena mengetahui bahwa saya akan menjadi salah satu sound engineer pertama di Amerika Serikat yang mendengarkan rig PANTHER yang baru,” komentar Andy Lytle, engineer FOH untuk Billy Strings. “Dave dari DBS melakukan setup PA dengan sangat baik dan saya benar-benar terpesona. Kejelasan suara PANTHER saat dipasangkan dengan 1100-LFC memenuhi harapan saya. Saya tidak sabar untuk menggunakan PANTHER lagi.”

“Saya benar-benar senang saat mixing dengan sistem PANTHER,” sependapat Erich Miller, FOH Engineer untuk Pigeons Playing Ping Pong. “Ruang Paviliun itu memang agak menyusahkan kita untuk melakukan mixing, tetapi saya bisa mengatasinya dengan PANTHER. Halus dan responsif, sistem suara yang benar-benar berkualitas. Benar-benar memenuhi ekspektasi saya”

 

©Jay Blakesberg

Sam Bardani, mixing engineer untuk band rock yang sedang naik daun asal Connecticut, Goose, membagikan “pengalaman hebatnya” dengan sistem PANTHER yang baru. “Ketika Anda datana tanpa soundcheck dengan pergantian set yang begitu cepat, memiliki sistem PA yang bisa diandalkan membuat segalanya menjadi lebih mudah. Saya sangat senang dengan hasil suaranya. Speaker ini menghadirkan punch yang solid tanpa mengorbankan kejelasan top-end nya. PANTHER membuat set audio menjadi mudah.”

Nathan Gilberg, setelah mixing set akustik untuk Duane Betts, mengatakan bahwa dia “terpesona oleh kontrol dan kejelasan suaranya. Dalam situasi gema seperti amfiteater dan arena, performa sistem PANTHER ini benar-benar memukau.”

 

©Jay Blakesberg

Dua set PA sistem utama yang digantung di Peach Stage masing-masing terdiri dari 12 loudspeaker line array PANTHER, dengan delapan kabinet horn  “L” long-throw di atas empat versi coverage version horn “W”. Sebuah ground array horizontal 6 x 2 dari 1100-LFC™ dan enam loudspeaker line array MINA mengisi sektor front fill, sementara satu loudspeaker kompak ULTRA-X40™ per sisi berfungsi sebagai corner fill, serta enam GALAXY™ 816 Network Platform yang menangani dan optimalisasi drive sistem. Foldback system yang mencakup 15 monitor panggung MJF-210™, sepasang monitor drum masing-masing terdiri dari satu speaker kompak ULTRA-X42™ di atas sebuah 900-LFC™, dan loudspeaker MSL-4 per sisi sebagai side fillyang dipasang menggantung.

“Cara PANTHER berintegrasi secara mulus dengan semua speaker Meyer Sound lainnya sangat membantu kami sebagai perusahaan rental,” kata Wakil Presiden DBS Audio Mike Shoulson. “Ketika Anda melakukan pengurangan ukuran dan berat untuk menghemat operasional truk dan tenaga kerja, itu berarti kami dapat membawa lebih banyak speaker terlepas dari jenis acaranya.”

 

©Jay Blakesberg

“Bagi saya, speaker yang skalanya dapat ditingkatkan dari teater hingga stadion bukanlah sesuatu hal yang ribet bagi perusahaan rental seperti kami” tambah Dave Brotman. “Tinggal tambahkan PANTHER dan tingkatkan kapasitasnya untuk menyesuaikan aplikasi yang dibutuhkan. Kami berharap dapat segera menambahkan lebih PANTHER banyak ke inventaris kami.”

Di Mushroom Stage yang lebih kecil di Peach Music Festival, audio system disuplai oleh sistem Meyer Sound dengan total 24 loudspeaker line array Meyer Sound LEOPARD® yang ditambah dengan 6 unit 1100-LFC. “LEOPARD adalah salah satu rig termudah yang pernah saya gunakan,” kata teknisi panggung Ted Fletman. “Apa yg dikirim itulah yg akan Anda dengar pada akhirnya. Sesuai aslinya, tidak ada yang tersembunyi. Pada situasi live Anda mendengar persis seperti performa di panggung. Itu yang saya suka.”

 

©Jay Blakesberg

Peach Music Festival yang diluncurkan pada tahun 2012 oleh Live Nation dan Allman Brothers Band, telah menjadi acara tahunan yang menarik bagi penggemar musik yang antusias ke Montage Mountain Resorts. Beberapa penampil lain di panggung utama tahun 2022 diantaranya Keller Williams, Steel Pulse, The Revivalist dan the Wailers, sementara di Mushroom Stage, Yam Yam, Consider The Source, Ripe, Doom Flamingo, Eggy, dan Dogs in a Pile.

DBS Audio Systems yang didirikan pada tahun 1992,  menyediakan layanan produksi, persewaan, dan desain serta pemasangan sistem audio yang lengkap. Selain menyediakan sistem portabel Meyer Sound untuk tur dan festival, perusahaan ini juga telah memasang sistem Meyer Sound di lingkungan komersial dan ritel serta berbagai tempat pertunjukan seni terkenal seperti Verizon Hall di Kimmel Center di Philadelphia dan Legends Club milik Buddy Guy di Chicago.

 



 

Meyer Sound PHANTER

Engineered for Peak Power

Tidak ada line array lain yang menyamai output PANTHER dengan SPL lebih dari 150 dB dalam kabinet yang begitu kompak dengan berat hanya 150 lb (68 kg). Cukup kuat untuk festival, namun cukup gesit untuk mendukung arena, teater, dan bahkan AV perusahaan.  Meyer Sound PANTHER menghadirkan linearitas dan headroom yang tak tertandingi, hanya dapat dicapai dengan sebuah self-powered system.


Amplifier Kelas D yang dimiliki PANTHER dan teknologi driver terbaru memastikan bobot yang jauh lebih sedikit dan pengurangan 20% dalam penarikan daya dibandingkan dengan teknologi sebelumnya.

PANTHER dapat terintegrasi dengan desain sistem, penerapan dan aplikasi manajemen Meyer Sound, termasuk MAPP 3D, Galileo GALAXY, Compass, Compass Go, dan Spacemap Go desain suara spasial dan mixing tools.

Top grid MG-PANTHER desain terbaru memastikan pemasangan yang mudah dengan rangka kastor yang dilengkapi rel pengaman forklift anti-tipping. Single and multi-point rigging options. Kabinet yang UV-resistant grade IP55 dan konektor Neutrik yang tahan dalam segala cuaca — sehingga tidak perlu repot-repot menyediakan penutup saat hujan. Dengan memanfaatkan format LYON, PANTHER juga bekerja dengan banyak aksesori LYON.

 

Leave A Comment