Photo: Jesse Faatz

Peach Music Festival di Montage Mountain, Scranton – Pennsylvania dikenal oleh para penggemar musik sebagai festival yang menghadirkan beragam artis multi-genre dengan improvisasi yang mengalir dan rhythm yang mengajak bergoyang. Penampil utama tahun 2022 ini diantaranya Billy Strings, Joe Russo’s Almost Dead, Trey Anastasio Band, dan The Black Crowes, dengan total lebih dari 70 band. Dari sudut pandang audio, Peach Music Festival 2022 adalah festival besar di Amerika Utara yang menjadi debut loudspeaker linear line array berformat besar dari Meyer Sound; PANTHER.

Peach Music Festival tahun ini juga merupakan yang pertama bagi DBS Audio Systems yang berbasis di Coatesville, Pennsylvania sebagai penyedia audio system. Presiden perusahaan Dave Brotman sangat puas dengan performa sistem PANTHER di Pavilion Montage Mountain untuk panggung utama Peach.

©Jay Blakesberg

“Amphitheatre dengan atap tenda dapat menghasilkan banyak pantulan,” kata Brotman, yang menjabat sebagai system engineer di panggung utama. “Beberapa FOH engineer yang datang ke sini mengira bakal kesulitan menaklukkan akustik ruangan. Akan tetapi box PANTHER dengan bentuk horn ’L’ yang baru sangat membantu mereka dengan memfokuskan pola coverage secara presisi. Pada jarak 120 kaki dari panggung, vokal terdengar sangat jelas. Sebagian besar engineer senang dengan apa yang mereka dengar, dan mengatakan ini adalah pengalaman terbaik yang pernah mereka alami di panggung tenda seperti ini.”

©Jay Blakesberg

“Saya sangat senang menghadiri Peach Music Festival karena mengetahui bahwa saya akan menjadi salah satu sound engineer pertama di Amerika Serikat yang mendengarkan rig PANTHER yang baru,” komentar Andy Lytle, engineer FOH untuk Billy Strings. “Dave dari DBS melakukan setup PA dengan sangat baik dan saya benar-benar terpesona. Kejelasan suara PANTHER saat dipasangkan dengan 1100-LFC memenuhi harapan saya. Saya tidak sabar untuk menggunakan PANTHER lagi.”

“Saya benar-benar senang saat mixing dengan sistem PANTHER,” sependapat Erich Miller, FOH Engineer untuk Pigeons Playing Ping Pong. “Ruang Paviliun itu memang agak menyusahkan kita untuk melakukan mixing, tetapi saya bisa mengatasinya dengan PANTHER. Halus dan responsif, sistem suara yang benar-benar berkualitas. Benar-benar memenuhi ekspektasi saya”

©Jay Blakesberg

Sam Bardani, mixing engineer untuk band rock yang sedang naik daun asal Connecticut, Goose, membagikan “pengalaman hebatnya” dengan sistem PANTHER yang baru. “Ketika Anda datana tanpa soundcheck dengan pergantian set yang begitu cepat, memiliki sistem PA yang bisa diandalkan membuat segalanya menjadi lebih mudah. Saya sangat senang dengan hasil suaranya. Speaker ini menghadirkan punch yang solid tanpa mengorbankan kejelasan top-end nya. PANTHER membuat set audio menjadi mudah.”

Nathan Gilberg, setelah mixing set akustik untuk Duane Betts, mengatakan bahwa dia “terpesona oleh kontrol dan kejelasan suaranya. Dalam situasi gema seperti amfiteater dan arena, performa sistem PANTHER ini benar-benar memukau.”

©Jay Blakesberg

Dua set PA sistem utama yang digantung di Peach Stage masing-masing terdiri dari 12 loudspeaker line array PANTHER, dengan delapan kabinet horn  “L” long-throw di atas empat versi coverage version horn “W”. Sebuah ground array horizontal 6 x 2 dari 1100-LFC™ dan enam loudspeaker line array MINA mengisi sektor front fill, sementara satu loudspeaker kompak ULTRA-X40™ per sisi berfungsi sebagai corner fill, serta enam GALAXY™ 816 Network Platform yang menangani dan optimalisasi drive sistem. Foldback system yang mencakup 15 monitor panggung MJF-210™, sepasang monitor drum masing-masing terdiri dari satu speaker kompak ULTRA-X42™ di atas sebuah 900-LFC™, dan loudspeaker MSL-4 per sisi sebagai side fill yang dipasang menggantung.

“Cara PANTHER berintegrasi secara mulus dengan semua speaker Meyer Sound lainnya sangat membantu kami sebagai perusahaan rental,” kata Wakil Presiden DBS Audio Mike Shoulson. “Ketika Anda melakukan pengurangan ukuran dan berat untuk menghemat operasional truk dan tenaga kerja, itu berarti kami dapat membawa lebih banyak speaker terlepas dari jenis acaranya.”

©Jay Blakesberg

“Bagi saya, speaker yang skalanya dapat ditingkatkan dari teater hingga stadion bukanlah sesuatu hal yang ribet bagi perusahaan rental seperti kami” tambah Dave Brotman. “Tinggal tambahkan PANTHER dan tingkatkan kapasitasnya untuk menyesuaikan aplikasi yang dibutuhkan. Kami berharap dapat segera menambahkan lebih PANTHER banyak ke inventaris kami.”

Di Mushroom Stage yang lebih kecil di Peach Music Festival, audio system disuplai oleh sistem Meyer Sound dengan total 24 loudspeaker line array Meyer Sound LEOPARD® yang ditambah dengan 6 unit 1100-LFC. “LEOPARD adalah salah satu rig termudah yang pernah saya gunakan,” kata teknisi panggung Ted Fletman. “Apa yg dikirim itulah yg akan Anda dengar pada akhirnya. Sesuai aslinya, tidak ada yang tersembunyi. Pada situasi live Anda mendengar persis seperti performa di panggung. Itu yang saya suka.”

©Jay Blakesberg

Peach Music Festival yang diluncurkan pada tahun 2012 oleh Live Nation dan Allman Brothers Band, telah menjadi acara tahunan yang menarik bagi penggemar musik yang antusias ke Montage Mountain Resorts. Beberapa penampil lain di panggung utama tahun 2022 diantaranya Keller Williams, Steel Pulse, The Revivalist dan the Wailers, sementara di Mushroom Stage, Yam Yam, Consider The Source, Ripe, Doom Flamingo, Eggy, dan Dogs in a Pile.

DBS Audio Systems yang didirikan pada tahun 1992,  menyediakan layanan produksi, persewaan, dan desain serta pemasangan sistem audio yang lengkap. Selain menyediakan sistem portabel Meyer Sound untuk tur dan festival, perusahaan ini juga telah memasang sistem Meyer Sound di lingkungan komersial dan ritel serta berbagai tempat pertunjukan seni terkenal seperti Verizon Hall di Kimmel Center di Philadelphia dan Legends Club milik Buddy Guy di Chicago.