Salah satu keunggulan produk Radial yang diakui dunia adalah keandalan dan kualitas material yang kokoh. Untuk musisi panggung dan audio engineer, memiliki perlengkapan yang dapat diandalkan dari satu panggung ke panggung berikutnya adalah suatu keharusan, itulah sebabnya sering kita temukan DI Box Radial dan berbagai perangkat lain dalam setiap tur maupun di studio mereka. Kualitas, daya tahan dan umur pemakaian yang panjang adalah sebuah standar yang tidak ada kompromi di Radial. Mereka senang mendiskusikan banyak hal kecil yang semuanya ditambahkan untuk menjadikan D.I. Radial sebagai yang terbaik dalam bisnis ini, mulai dari komponen yang digunakan hingga tim yang membuatnya.

Tapi tunggu sebentar. Ssssttt… ini adalah rahasia dapur perusahaan pembuat DI box terbaik di dunia. Jadi rahasiakan dan jangan sampai bocor … 😉

Haruskah kita menilai buku dari sampulnya?
Setelah melihat DI box Radial, kita akan segera memahami bahwa perangkat itu dibuat untuk apapun yang kita lakukan di panggung maupun studio. Semua D.I. box memiliki sasis baja 14 gauge dengan konstruksi gaya I-beam yang menciptakan housing yang begitu kuat sehingga kita dapat mengendarai truk di atasnya tanpa kerusakan. Ini mencegah kemungkinan timbulnya tekanan ke papan sirkuit yang dapat membuatnya riskan dan seiring waktu menyebabkan kegagalan komponen.

Selain itu, Radial menggunakan desain book-end yang bahkan sudah mulai ditiru oleh pesaing mereka. Overhang logam ekstra dari pembungkus baja luar melindungi konektor dan sakelar agar tidak terkena hentakan langsung dari dudukan mikrofon yang jatuh atau tendangan kaki yang tidak disengaja di atas panggung. Ini juga berguna untuk mencegah benturan terhadap jack XLR atau 1/4″ yang dicolokkan ke direct box. Lapisan terluar / finishing dari Radial D.I. diakhiri dengan lapisan powder-coat yang tahan lama, dari satu tur ke tur berikutnya, bersama dengan bantalan neoprene anti-selip di bagian bawah untuk menjaga unit tetap di tempatnya di atas panggung dan mencegah goresan.

 

Kekuatan dari dalam ke luar

Papan sirkuit dan komponen di dalam DI Box Radial bisa dibilang akan membuat lebih banyak perbedaan dalam masa pakai dan ketergantungan suatu produk daripada sasis luar, dan perangkat Radial juga tidak berhemat dalam kategori ini. Semua sakelar dan tombol (seperti fitur ground lift dan pad yang ditemukan di hampir semua DI box Radial) adalah komponen berperingkat tinggi yang dirancang untuk bertahan hingga 10.000+ siklus dan tetap berfungsi, setelah sebagian besar perlengkapan audio dijual hari ini akan dianggap usang.

 

Pemasangan lubang tembus ke papan PCB juga banyak digunakan untuk menambah daya tahan dalam menghadapi berbagai situasi yang esktrim sekalipun. Ini berarti bahwa komponen seperti transformator dan blocking capasitor memiliki kabelnya langsung melalui PCB, alih-alih koneksi ‘pemasangan permukaan’ yang menerapkan solder ke satu koneksi di satu sisi papan sirkuit. Anggap ini sebagai perbedaan antara menggantung TV 40″ dari dinding menggunakan paku payung atau strip perekat vs mengebor melalui drywall ke stud dinding. Kegagalan komponen sama dengan kegagalan perangkat, jadi mereka melakukan apa pun untuk memperkuat setiap bagian dari D.I. yang berarti menjadikannya tahan lebih lama, berkinerja lebih baik, dan lebih andal bagi para musisi dan sound engineer yang membutuhkan peralatan Radial untuk pekerjaan mereka.

 

Pada subjek komponen penting, transformator audio adalah satu-satunya bagian terpenting dalam dierct box pasif. Ini adalah inti mesin yang menggerakkan semua fitur utama perangkat, dan spesifikasi audio transformator akan secara langsung memengaruhi respons frekuensi keseluruhan, fase, dan karakteristik distorsi D.I. Sampai saat itu, direct box pasif terbaik Radial seperti JDI menampilkan transformator Jensen premium, yang secara sahih dianggap sebagai yang terbaik di industri dan dihargai karena bandwidth sinyalnya yang luar biasa dan kinerja audio secara keseluruhan.

 

Tim di balik produk Radial Engineering
Bagian tak terbantahkan dari kesuksesan produk Radial berasal dari orang-orang yang membuatnya – tim di kantor pusat mereka Port Coquitlam, British Columbia. Dari konsep hingga prototipe hingga produk jadi, setiap langkah di sepanjang perjalanan produksi mencakup anggota tim Radial internal yang bangga dengan apa yang mereka lakukan dan percaya pada tujuan mereka dalam menciptakan produk hebat yang bermanfaat bagi orang-orang yang terlibat dalam pembuatan musik di seluruh dunia. Setiap produk Radial dirakit dengan tangan di Kanada, dengan praktik dan pengujian jaminan kualitas yang ketat yang mencakup penganalisis audio presisi serta pendengaran kritis untuk memastikan setiap D.I. memenuhi standar tinggi.

      

Tidak hanya satu hal yang membuat produk Radial bertahan dalam ujian waktu – dibutuhkan sejumlah pilihan kursaal di setiap proses produksi. Dari desain sasis, hingga komponen di dalamnya, dan tim di balik produk yang membangun D.I box yang dapat menangani kerasnya tur konser membutuhkan semua ini untuk diselaraskan, dengan tujuan membangun perangkat yang paling andal.